Destinasi Api Abadi Mrapen di Grobogan Jawa Tengah

Terletak di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Grobogan, Jawa tegah Mrapen menawarkan wisata bentuk geologi semburan api yang keluar dari perut bumi. Sesuai namanya, api ini tidak akan padam meski hujan lebat.

Proses penciptaan api abadi cukup unik. Karena gas alam dari tanah terus dinyalakan api, menciptakan kebakaran yang tidak bisa berhenti bocor.

Mrapen itu sendiri adalah salah satu dari banyak tempat yang sama di pulau Indonesia. Beberapa dari mereka masih aktif menyala seperti tak kunjung padam api di Madura, Eternal Flame di Samarinda Sungai Siring ke kawah Eternal Blue Flame di Banyuwangi.

Destinasi Api Abadi Mrapen di Grobogan Jawa Tengah
Destinasi Api Abadi Mrapen di Grobogan Jawa Tengah

Api tidak terlalu besar. Namun, panas yang dihasilkan digunakan untuk acara-acara besar, baik bersakla nasional dan internasional, salah satu dari Asian Games 2018 lalu.

Mrapen menjadi cahaya yang menyala di Asian Games 2018 obor diarak keliling Indonesia. Sebagai catatan, api abadi juga telah digunakan untuk acara olah raga internasional (Ganefo) pada tanggal 1 November 1963, yang digagas oleh Memimpin I.r Sukarno.

Selain itu, juga Mrapen dibawa ke cahaya upacara obor untuk Hari Raya Waisak Buddha. Beberapa acara budaya agama dan lainnya juga menggunakan api ini sebagai bagian dari ritual.

Mereka yang pengin bermain di sini, mudah-benar. Karena pemandangan Mrapen tepatnya berada di pinggir jalan raya Purwodadi – Semarang, ada banyak angkutan umum dari Semarang siap untuk memberikan Anda di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *