5 Destinasi Museum Kereta Api di Indonesia

Indonesia memiliki sejarah panjang dengan kereta api, tepatnya sejak zaman penjajahan Belanda. Semua cerita dan tali dapat Anda temukan di museum kereta api di Indonesia. Berikut di bawah ini adalah tujuan yang luar biasa:

1. Museum Kereta Api Sawahlunto

Terletak di Sawahlunto, Sumatera Barat Sawahlunto Museum Kereta Api awalnya berfungsi sebagai stasiun. Namun, karena tidak banyak yang dapat dioperasikan secara komersial, pada tahun 2005, stasiun ini diubah menjadi museum.

Dari koleksi, Museum Kereta Api Sawahlunto memiliki 106 buah rangkaian koleksi dan memasok kereta lima gerbong, satu unit lokomotif uap, dua jam, 34 buah sinyal peralatan atau komunikasi, puluhan dokumentasi foto, sembilan unit lokomotif miniatur, tiga brankas, lima unit jack kereta api, tiga set label pabrik, tiga skala, penjaga lonceng, dan sepasang lokomotif baterai.

5 Destinasi Museum Kereta Api di Indonesia
5 Destinasi Museum Kereta Api di Indonesia

2. Museum Kereta Api Jakarta

Jika Sawahlunto terlalu banyak untuk Anda, di Jakarta juga ada museum kereta api, Anda tahu! Hal ini tidak d Taman Mini Indonesia. Di sini, Anda dapat menemukan koleksi kereta cukup beragam, terutama di era 70-80an dengan koleksi kondisi terawat baik. Di sini Anda dapat melihat 24 koleksi lokomotif uap untuk diesel pada layar.

Ada juga kereta api Luar Biasa (KLB), yang telah menjadi kereta api operasional Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta Museum di kemerdekaan. Stasiun ini diresmikan pada tahun 1991 yang lalu dan masih merupakan salah satu daya tarik wisata untuk mengunjungi daerah ini.

3. Museum Kereta Stasiun Bondowoso

Stasiun ini menjadi salah satu elemen penting dalam perjuangan. Karena, di Museum Kereta Api Bondowoso Station, Anda dapat bertemu dengan “gerbong of Death”! Mereka yang tidak tahu, kereta Kematian adalah tiga gerbong yang membawa sekitar 100 pejuang tahanan Indonesia dari Belanda. Mereka ditahan selama 16 jam dari Bondowoso ke Surabaya dengan kelaparan dan udara tipis sampai semua pejuang meninggal. Tertarik buat mengulik? Silahkan datang ke kota Bondowoso di Jawa Timur.

4. Graha Parahyangan Bandung

Jika Anda lagi ke Bandung, bisa mampir ke Dayang Sumbi 10, deh. Ada, tereletak Railway Museum Graha Parahyangan Bandung dengan nama. Berbeda dengan museum kereta ketiga di atas, di Graha Parahyangan, Anda dapat melihat beberapa item bersejarah seperti mesin tiket, tanggal mesin cetak tiket, alat komunikasi telegraf, telepon kayu, serta kalkulator odhever. mesin tiket itu sendiri telah digunakan PT KA sebagai mesin tiket kereta api untuk mencetak lebih dari 100 tahun! Ada, ada juga banyak koleksi foto kereta Indonesia dari Belanda.

5. Museum Kereta Api Ambarawa

Diperdebatkan, museum satu ini menjadi bagian terpenting dalam sejarah perkeretaapian Indonesia. Hal ini di Ambarawa keren make museum ini dikunjungi oleh banyak wisatawan yang kebetulan berhenti di perjalanan Yogyakarta atau Semarang Semarang-Solo.

Soal koleksi, Museum Kereta Api Ambarawa memiliki 22 buah lokomotif uap di sepanjang sirkuit kereta tua yang terbuat dari kayu. Belum puas? Anda juga dapat menikmati perjalanan kereta api dari Stasiun Ambarawa-Bendono, Ambarawa Railway Gunung Tour dengan kereta uap dan hamparan pemandangan alam yang mengagumkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *